Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Perancang Fashion (Busana) Muslim Indonesia yang Mendunia

12 Perancang Fashion (Busana) Muslim Indonesia yang Mendunia
Desainer Busana Muslim Indonesia

Daftar Isi:
Perancang Busana Muslim Mendunia dari Indonesia

    Telah kita tahu bahwa saat ini busana muslim didunia sedang menjadi trend baik dari kalangan remaja sampai dewasa, dengan banyak nya model busana muslim terkini yang selalu baru dan tidak lekang oleh waktu, selain itu busana muslim menjadi ciri khas bagi yang mengenakannya dari mulai busana kerudung/jilbab, atasan, bawahan sampai aksesoris yang dipakai. Ini semua tidak lepas dari seorang perancang busana yang menjadikan suatu karya yang hebat dalam industri fashion muslim didunia.  

    Tidak ada usaha yang menipu hasil, begitulah kira- kira kata yang pas untuk para desainer model fashion muslim guna memajukkan industri fashion muslim Tanah Air. Mereka Ria Miranda, Dian Pelangi, Rani Hatta, Jenahara, Si. Se. Sa, Vivi Zubedi serta Restu Anggraini merupakan contoh desainer yang mempopulerkan busana muslim. Sederet prestasi baik dari dalam negeri dan luar negeri sudah mereka kantongi. Tidak heran saat ini koleksinya yang senantiasa berinovasi jadi incaran para muslimah yang mau berpenampilan modis. Tren mode jilbab serta busana muslim saat ini terus menjadi menjamur di Indonesia. Deretan nama perancang busana Muslim Indonesia juga ramai bermunculan, sebut saja salah satunya merupakan Dian Pelangi.

    Tidak hanya Dian Pelangi, terdapat banyak lagi nama desainer muslim Indonesia yang karyanya telah diketahui dunia seperti Nanida Jenahara Nasution, apalagi sering tampak di bermacam pameran mode internasional. Kesuksesan para perancang busana muslim Indonesia di tingkatan global seakan meyakinkan kalau tren baju muslim sanggup bersaing dengan tren mode yang lain. Indonesia pantas besar hati sebab mempunyai banyak perancang busana Muslim Indonesia berbakat di umur yang masih muda. Berkat karya- karya mereka, busana muslim Indonesia terus menjadi luas diketahui warga dunia. Kemudian, siapa sajakah mereka mari kita mengenal mereka satu-persatu dibawah ini:

1. Dian Pelangi

    Nama Dian Pelangi nyatanya telah tidak asing lagi terdengar, terlebih untuk kalian yang berkecimpung di dunia mode. Bernama asli Dian Wahyu Utami, perempuan kelahiran Palembang, 14 Januari 1991 ini salah satu perancang busana muslim Indonesia sangat mempengaruhi di dunia mode. Dia ialah pendiri brand busana Dian Pelangi Mode. Telah banyak koleksi busana Dian Pelangi dengan rancangannya yang dipamerkan dalam bermacam pagelaran busana di bermacam negeri. Semenjak dini mengawali karier di dunia mode, desainer lulusan École supérieure des arts et techniques de la fashion ( ESMOD) Paris ini memanglah fokus merancang busana spesial muslimah. Berkat keunikan tiap rancangannya, Dian Pelangi masuk dalam catatan 500 orang sangat mempengaruhi di industri mode dunia tipe majalah Business of Mode( BoF) London.

2. Ria Miranda

    Walaupun awal mulanya cuma mendesain pakaian buat digunakan sendiri, keinginan Ria Miranda buat berbisnis busana muslim tidak terelakan. Ada pula alibi lain ialah sebab ia lahir serta besar ditengah keluarga berjiwa entrepreneur. Desainer yang identik dengan print serta warna pastel mempraktikkan ilmu yang didapatnya di sekolah fashion. Dekat 2008, dia berani merilis brand busana muslimah berjudul Shabby Chic by Ria Miranda. Namun semenjak 2009, label ini berganti nama jadi Ria Miranda. Di bisnisnya juga diawali dari modal Rp 15 juta yang dikeluarkan dari kocek pribadinya. Karya Ria mulai matang lama- lama dengan karakteristik khas yang menempel pada DNA nya. " Iya waktu terjun di dunia desain, memanglah terbilang lumayan mudah buat produksinya. Buat satu buah dress misalnya, pengerjaannya dapat memakan waktu sampai 2 hari," kata Ria Miranda.

    Sahabat serta orang terdekat Ria merasa kagum dengan busana muslim yang dia gunakan. Dari sanalah, kemauan Ria buat fokus menghasilkan busana muslim mulai berkembang. Selaku owner brand Riamiranda, Ria tercantum satu dari 4 desainer Indonesia yang dikira mempengaruhi pada tren busana muslim jilbab di golongan wanita muslim Tanah Air. Nyaris 1 dekade (10 Tahun) lebih beliau bergelut di dunia fashion muslim Indonesia, lulusan Universitas Andalas Padang ini berharap bisnisnya dapat bertahan lama serta diterima oleh banyak golongan. Tidak cuma itu saja, dia pula mau meyakinkan kalau produk lokal dapat bersaing ditengah serangan dari brandluar negara yang mulai muncul. Indria Miranda ataupun lebih diketahui Ria Miranda merupakan seseorang perancang busana muslim perempuan Indonesia yang fokus pada busana- busana muslim trendy. Perempuan kelahiran Padang, 15 Juli 1985 ini mengawali karier serta bisnis di dunia mode busana muslim dari keisengannya mendesain pakaian buat dipakai sendiri. 

    Busana muslim rancangan Ria telah memiliki belasan outlet yang tersebar di sebagian kota di Indonesia yang terkenal. Diantaranya, kota Banda Aceh, Padang, Medan, Jakarta, Bandung, Cirebon, Balikpapan, Samarinda, Makassar serta Surabaya. Ciri khasnya banyak mengeksplorasi garis-garis, sentuhan pastel serta girly yang feminim dan berkarakter kokoh. Inilah yang banyak disukai para hijaber. Lulusan Universitas Andalas Padang ini juga aktif memperkenalkan karyanya melalui media sosial. Dia pula membentuk hijabers community.

3. Islami Aprilia

4. Nanida Jenahara Nasution

    Berikutnya, terdapat perancang busana muslim Indonesia yang telah lumayan santer didengar di golongan pecinta tren mode ialah Jenahara Nasution. Jenahara Nasution sendiri merupakan gadis dari aktris serta desainer Indonesia, Ida Royani. Walaupun begitu, Jehan sebagai panggilannya sukses mendirikan brand mode dengan nama Jenahara pada tahun 2011 tanpa dorongan dari orang tuanya. Saat ini, Jehan menghandle 3 brand yang salah satunya bekerjasama dengan si bunda. Hasil-hasil karya rancangan Nanida Jenahara Nasution ini juga sukses dipamerkan di sebagian negeri, semacam Hong Kong, Thailand, sampai Milan.

    Ia berkata "Saya itu buat Jenahara itu dari nol banget, jika orang enggak tau, ia bilangnya saya dibantu mama. Saya mulai dari nol dengan modal sendiri sebab saya pengen maju sebab usahaku bukan mamaku,”. Ia menuturkan kalau hingga brand Jenahara keluar juga pada tahun 2011 ibunya tidak ketahui. Serta ketahui soal tersebut dari sahabat nya. Salah satu pendiri Hijabers Community Indonesia itu berkata kalau ia pula pernah vakum sehabis 2006 sebab menikah serta memiliki anak. Dia baru memutuskan memperkenalkan label pertamanya itu sehabis jilbab mulai bermacam- macam serta terus tumbuh di Indonesia. Keputusan Jehan dikala itu pas serta saat ini dia sudah memetik hasilnya.

5. Zaskia Adya Mecca

    Nama Zaskia Adya Mecca nyatanya telah sangat diketahui di dunia hiburan. Ya, Zaskia mengawali karier selaku artis sinetron. Sampai kesimpulannya saat ini dia fokus meningkatkan bisnis busana muslim. Zaskia membangun brand- nya sendiri bernama Meccanism yang memperkenalkan busana muslimah santai, stylish, serta senantiasa dapat dipakai tiap hari. Istri sutradara tersohor Hanung Bramantyo ini telah lama berhijab, serta di tengah kesibukannya mengurus anak, Zaskia jadi desainer modest wear yang konsep pakaiannya berbentuk baju tiap hari yang aman banget. Desainer muslim ini menamai brand- nya dengan Meccanism. Tidak hanya jadi desainer Indonesia Zaskia pula menghasilkan produk makeup, semacam lipstik.

6. Restu Anggaraini

    Berawal dari kebutuhan mencari pakaian yang cocok dengan karakternya, Restu tertarik terjun selaku desainer serta pebisnis fesyen. Restu terus menjadi menyayangi serta mantap buat melaksanakan bisnis mode. Dekat tahun 2009 Restu Anggraini melaksanakan bisnis baju online dengan modal dini Rp 3 juta bersama 2 temannya. Walaupun awal mulanya cuma coba- coba, Restu dikala itu tidak ingin main- main dalam membuat produknya. Itu sapaan akrabnya serta temannya memproduksi produk jilbab dengan jahitan yang mutu terbaik. Hasilnya pasar merespon produknya dengan lumayan baik.“ Dini karir saya itu pada tahun 2009 modalnya cuma Rp 3 juta serta itu bersama 2 sahabat aku. Serta kita menciptakan produk jilbab dahulu,” kata Restu.

    Kendati belajar secara belajar sendiri, tetapi intensitas restu menapaki bisnis fesyen tidak boleh ditatap sebelah mata. Ia juga memilah menuntut ilmu fesyen di Esmod sampai hasilnya label RA by Restu Anggraini serta ETU ini juga sukses ia hadirkan. Bak gayung bersambut, produknya juga mulai digandrungi oleh perempuan muslimah bergaya formil serta kekinian. Dari mari Restu juga terus menjadi percaya serta yakin diri buat terus melangkah walaupun setelah itu kedua temannya tidak lagi dapat meneruskan kerja sama sebab wajib pindah ke luar kota.

7. Vivi Zubedi

    Berawal dari kebutuhan berbusana muslim, membuat Vivi Zubedi memutuskan berkarir selaku seseorang desainer pada 2011 silam. Dibalik kepiawaiannya merancang abaya, desainer 2 anak ini merupakan seseorang akuntan. Dikala itu terjun ke industri fesyen, Vivi mengaku belum banyak yang mengenali karyanya. Tetapi dia tidak patah semangat serta terus berupaya mengenalkan abaya pada perempuan muslimah Indonesia. Vivi mengkhususkan diri buat merancang busana abaya, baju tertutup panjang yang didominasi oleh warna gelap serta dihiasi bermacam corak. Vivi juga mengaku kalau tiap tahunnya ia langsung menghasilkan tren baru buat memanjakkan para penggemar.“ Telah dari 2011 aku selaku desainer, ini passion pula sesungguhnya kebutuhan berbusana (muslim) aku.

    Karena dikala itu busana muslim belum tumbuh serta aku berupaya mengadakan tren baru,” ucap Vivi Zubedi. Perempuan yang satu- satunya memamerkan busana muslim di panggung The Shows New York Mode Week 2018 ini pula kemampuan pasar yang besar, spesialnya untuk abaya. Tidak cuma Indonesia, para pelanggan Vivi juga telah tersebar di sebagian negeri, semacam Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah serta Afrika. Vivi juga mempunyai rencana yang hendak dijalankannya dalam waktu dekat. Ia mau perluasan dengan muncul di pusat perbelanjaan bergengsi di luar negara.“ Aku pikir mau perluasan sebab branding telah berhasil. Brand Vivi Zubedi telah memperoleh banyak lamaran dari department store luar,” kata ia.

8. Rani Hatta

    Mempunyai atensi yang sangat besar dalam dunia fashion, membuat Rani Hatta memutuskan buat jadi desainer modest wear. Rani sendiri ialah desainer busana muslim yang berfokus pada busana kasual dengan garis desain modern serta minimalis. Rani memulai karinya semenjak tahun 2013, perempuan kelahiran 1990 ini mendirikan brand yang diambil dari namanya sendiri, Rani Hatta. Dia memproduksi rok panjang, celana, blus, serta jaket dengan desain simpel yang gampang dipasangkan dengan busana yang lain.“ Saya memulai karir semenjak 2013 dengan menghasilkan brand Rani Hatta. Saya itu sangat bahagia dengan menghasilkan busana bergaya simpel serta minimalis,” ucap Rani Hatta. Pada dini merintis karir jadi desainer, seluruhnya ia kerjakan sendiri.

    Mulai dari menggambar pola busana, belanja buat keperluan menjahit, tercantum aktivitas promosi sampai mengepak serta mengirim benda. Rani setelah itu merekrut 2 orang pegawai buat membantunya. Tetapi sebab banyaknya antusiasme yang didapat atas hasil karyanya, anak terakhir dari 2 bersaudara ini merasa kewalahan sampai kesimpulannya saat ini dia mempunyai 30 pegawai lebih.

9. Siriz, Senaz, serta Sansa ( Sang. Se. Sa)

    Sang. Se. Sa sendiri sanggup mewujudkan busana syar’ i yang aman, stylish, tetapi senantiasa tertutup cocok dengan syarat Islam. Khimar merupakan salah satu produk kesukaan dari Sang. Se. Sa. dengan perinci kristal Swarosvki. Dengan memakai motif pastel ditambah bordiran yang menawan membagikan perinci lebih fashionable. Busana rancangan Sang. Se. Sa pula terus menjadi nampak elegan serta mempunyai pelanggan setia yang tersebar di segala Indonesia.“Sang. Se. Sa itu merupakan brand dari kakak beradik ialah Siriz, Senaz serta Sansa di tahun 2011 serta memulai koleksinya pada lini busana muslim perempuan kemudian berubah jadi busana syar’i tahun 2013,” kata Senaz.

10. Ghaida Tsurayya

    Salah satu Putri AA Gym ini kuliah jurusan Fisika di ITB. Ghaida Tsurayya juga sama semacam Dian Pelangi serta Jenahara, ia turut aktif di Hijabers Community serta melejitkan namanya dari sana. Populer dengan kelemah lembutannya, Ghaida selaku desainer busana muslim ini memiliki konsep dengan karakteristik khas feminim yang menggemaskan. Desainer muslim ini pula lumayan populer di golongan desainer Indonesia dengan busana-busana muslim khas syar'i nya dan banyak sekali model-model busana dari remaja hingga dewasa.

11. Qonita Gholib

12. Windri Widiesta Dhari

    Busana Muslim padu padan dengan motif buatan Windri menemukan banyak pujian dari beberapa media lokal Jepang. Salah satunya media online www. taipeitimes. com. Kesuksesan pagelaran di Jepang itu memperpanjang deret prestasi Windri yang sempat menemukan predikat desainer yang pantas buat dilirik serta unik dari segi material dari majalah Harpers Bazaar Amerika serta Vouge Italia." Bangga rasanya desainer Indonesia bisa diulas di sebagian majalah mode sangat mempengaruhi di dunia." Di Tanah Air, label Nur Zahra telah mempunyai banyak konsumen setianya. Karya Windri apalagi lebih terkenal lagi di pasar online yang menjangkau pencinta busana Muslim di banyak negeri. Tidak heran bila peragaan koleksi terkini Windri buat Jakarta Mode Week 2015 pada dini November menemukan sorotan dari media massa. Mencapai kesuksesan di dunia rancang busana, Windri sesungguhnya tidak sempat terpikir buat jadi desainer. Tetapi, Muslimah berumur 44 tahun yang berdarah Minangkabau ini memanglah suka tampak modis. Dia sempat berkarier selaku manajer pemasaran serta komunikasi Guess serta Valentino. Secara tidak langsung, pekerjaannya membimbing Windri buat menjajaki pertumbuhan tren fashion terbaru.

    Itulah para desainer atau perancang fashion muslim dari Indonesia yang mendunia sampai luar negeri, baik asia, eropa, bahkan afrika dan amerika yang menginspirasi kita semua dengan suguhan karya-karya busana ciptaan dari tangan-tangan berbakat dari indonesia, semoga kali ini dapat menginspirasi anda, yang mana desainer Idolamu diatas? tentu berbeda-beda, namun kita perlu bangga karena busana muslim yang dirancang oleh para desainer diatas sudah mengguncang dimanca negara karena karya nya hingga membuat Indonesia menjadi lebih dikenal diluar negeri, luar biasa hebat bukan. Terima kasih telah berkunjung diweb kami.

Posting Komentar untuk "12 Perancang Fashion (Busana) Muslim Indonesia yang Mendunia"