Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wanita Berhijab perlu Perhatikan ini agar Rambut tetap Sehat dan Kuat

Wanita Berhijab perlu Perhatikan ini agar Rambut tetap Sehat dan Kuat
Tips agar rambut sehat untuk wanita berjilbab

Tips Perawatan Rambut untuk anda Agar Tetap Sehat walaupun di Kerudung

    Berhijab merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslimah untuk mengenakannya karena sudah ada ketetapan dari Allah SWT dalam surah al Ahzab ayat 59, bahwa disana dikatakan untuk menutup aurat dengan menggunakan hijab atau jilbab agar senantiasa terjaga kesuciannya. Begitu besar perhatian Allah SWT terhadap kaum hawa melalui firman-Nya agar tetap berada dalam syariatnya. Di sisi lain terkadang memakai jilbab ada efek yang dirasakan terutama masalah rambut yakni berketombe, rontok, namun semua hal tersebut dapat diatasi, kami akan memberikan perhatian kepada anda bagaimana rambut agar tetap kuat, sehat, tidak mudah patah, dan segar walaupun memakai jilbab atau kerudung.

    Mengenakan jilbab tanpa perawatan rambut secara teratur dapat menyebabkan masalah rambut. Misalnya, mengenakan jilbab untuk waktu yang lama meningkatkan risiko kelembapan pada rambut Anda. Menurut Nim, seorang ahli rambut, pemakai hijab juga diketahui memiliki peningkatan risiko ketombe. Warna jilbab, jumlah lapisan kerudung, dan penggunaan bandana juga mempengaruhi munculnya ketombe pada wanita yang memakai kerudung. Banyak orang yang berhijab khususnya wanita muslimah, maka dari itu kamu perlu berhati-hati untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan kuat agar tidak rontok. Di sini kami membagikan pengetahuan kami untuk membantu Anda memaksimalkan perawatan rambut Anda.

    Perlu anda ketahui bahwa pengetahuan untuk merawat rambut agar tetap sehat dan kuat sangat penting, kami akan berikan beberapa hal tentang perawatan rambut. Berikut yang anda harus pahami:

Perawatan rambut
Hair pic: unsplash.com

Pengetahuan perihal merawat rambut yang perlu diketahui oleh anda

  • Penggunaan dengan conditioner menjaga kesehatan rambut
  • Menggunakan shampo saat keramas dapat membersihkan rambut anda namum perlu diketahui pilihlah shampo yang cocok bagi anda, salah-salah jika anda memilih kurang tepat rambut anda bisa kurang sehat.
  • Penggunaan kosmetik berbahan kimia berbahaya anda perlu waspada, itupun akan membuat rambut anda rusak
  • Aktivitas yang padat dapat menyebabkan lembabnya pada kulit kepala
  • Berkerudung pada saat anda beraktivitas terlalu lama dapat juga menyebabkan rambut lembab dan berminyak
  • Menyisir rambut ketika rambut masih basah menyebabkan rambut patah bila tidak hati-hati
  • Hormon dapat berpengaruh terhadap kesehatan rambut
  • Terpapar sinar matahari terlalu sering maka akan berdampak kepada rambut anda dapat berubah warna maupun menyebabkan rambut kering
  • Indikator rambut sehat adalah rambut yang bersih tidak berketombe
  • Jika rambut berketombe menandakan bahwa rambut tidak sehat   

Sikap yang perlu dilakukan ketika merawat rambut anda

  • Produk Dandruff dapat mengatasi rambut berketombe
  • Pelurus rambut ketika telah selesai berkeramas dapat membuat rambut lebih sehat
  • Jika terlalu lama memakai jilbab baiknya rambut senantiasa dikeringkan terlebih dahulu
  • Rutin melakukan perawatan dengan cara datang ke salon yang cocok bagi rambut anda 
  • Produk shampo harus sesuai dengan keadaan rambut anda jika hendak memakainya
  • Konditioner serta vitamin rambut penting dalam hal perawatan berkala untuk rambut anda
  • Intensitas pemakaian jilbab jika sering maka tentu harus lebih sering pula melakukan perawatan agar tetap terjaga kelembapannya 
  • Keramas sebanyak 3x bagi wanita berjilbab dalam seminggu membuat rambut anda tampak segar dan tidak mudah rontok

Akar persoalan apabila rambut anda rontok

  • Rambut tidak dikeringkan secara sempurna
  • menggunakan alat pengering terlalu sering
  • saat rambut basah langsung memakai jilbab atau hijab
  • rambut diikat terlalu kencang.
  • penggunaan vitamin, shampo, kondisioner yang tidak cocok untuk rambut anda

    Setelah memperhatikan pengetahuan dan sikap serta persoalan yang menyebabkan rambut rontok diatas dalam memenuhi kebutuhan rambut anda berikut kami berikan tips bagaimana menyelesaikan persoalan rambut anda supaya tetap sehat dan kuat serta tidak kering walaupun berhijab.

Tips Agar Rambut anda Tetap Sehat untuk Wanita Berjilbab

1. Memilih Kain Kerudung atau Jilbab anda yang sesuai

    Pilihlah kerudung dan anak kerudung dari bahan katun atau kaos yang berpori sehingga memberikan sirkulasi udara yang cukup baik bagi rambut. Bagi yang sering berkegiatan di luar ruang, sebaiknya memilih kerudung dan ciput berwarna terang atau putih. Hindari warna gelap atau hitam, karena warna ini menyerap sinar matahari lebih banyak sehingga kepala terasa lebih panas dan lebih mudah berkeringat. Hindari juga pemakaian kerudung yang terlalu berlapis-lapis. Gantilah kerudung dan anak kerudung setiap hari agar kebersihan terjaga.

2. Model Rambut

    Pilihlah potongan rambut yang praktis agar lebih mudah penataannya. Hindari model rambut yang terlalu panjang karena akan membuat rambut makin sulit 'bernapas'. Hindari pula model rambut dengan poni karena akan sulit mempertahankannya secara rapi di dalam kerudung. Ikatlah rambut yang panjang, namun jangan terlalu erat agar rambut tidak patah dan rontok. dan perhatikanlah struktur rambut anda agar ketika ada struktur kurang sehat maka anda dapat melakukan perawatan yang pas untuk rambut anda.

3. Keringkan Rambut sebelum memakai Jilbab atau Hijab

    Jangan mengenakan kerudung ketika rambut masih basah, karena rambut akan lembab sepanjang hari sehingga memicu ketombe di kulit kepala dan rambut jadi mudah patah. Keringkan rambut secara alami sebelum memakai kerudung. Bila Anda terburu-buru dan harus menggunakan alat pengering rambut, gunakan dengan suhu yang tidak panas.

4. Berikan kesempatan Rambut 'Bernafas' agar tetap Sehat

    Carilah waktu dan kesempatan untuk sejenak melepas kerudung setiap harinya, misalnya saat berwudhu. Sisirlah rambut pada kesempatan itu, agar rambut dapat bernapas dan peredaran darah kepala lebih lancar. Sebaiknya pergunakan sisir dengan gigi yang jarang tidak terlalu padat dan terlalu banyak bergerigi agar tidak menyebabkan rambut rontok dan banyak patah ketika disisir.

5. Perawatan Rambut

    Pastinya, jangan lupa bahwa meski Anda memakai kerudung, rambut Anda tetap harus mendapat perawatan yang memadai. Cucilah rambut dengan rutin setidaknya tiap dua atau tiga hari sekali. Berikan pelembut, hair tonic, vitamin, dandruff dan perawatan lainnya bila diperlukan sesekali ke salon rambut atau ke dokter kesehatan rambut agar rambut anda dapat tetap segar, kuat, dan tidak mudah patah dengan perawatan yang tepat.

6. Melepaskan Jilbab atau Kerudung apabila telah selesai Beraktivitas

    Dengan begitu ketika anda selesai berkegiatan dimanapun lepaskanlah hijab dan jilbab anda agar rambut anda dapat beristirahat yang bertujuan supaya rambut anda menghirup udara 

7. Pencegahan dan Perawatan untuk Rambut anda

    Perlu diperhatikan bahwa pencegahan berfungsi agar rambut anda tidak mengalami sebab-sebab rusaknya rambut, dan perawatan bertujuan untuk dapat membuat rambut anda tetap sehat. apa saja sih, mari simak dibawah ini:

  • Sebelum memakai tudung atau jilbab baiknya rambut anda dalam keadaan kering
  • Ikatlah secara longgar jangan terlalu kencang agar rambut anda dapat bernafas dengan baik
  • Rambut digeraikan jika telah berada dirumah
  • Menggunakan produk, vitamin, serta shampo khusus yang sesuai dengan keadaan rambut anda 

    Itulah artikel yang kami sajikan khusus bagi anda tentang bagaimana perawatan rambut agar tetap sehat, kuat, tidak mudah patah, dan rontok walaupun memakai Kerudung, yang mudah-mudahan bisa membantu anda dalam merawat rambut anda agar tetap sehat, kuat, tidak rontok walaupun dalam keadaan selalu memakai hijab. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Wanita Berhijab perlu Perhatikan ini agar Rambut tetap Sehat dan Kuat"