Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna dan Arti Memakai Hijab bagi Wanita Muslimah

Kewajiban Muslimah Memakai Jilbab
pic: pexel.com

Daftar Isi:
Kewajiban Memakai Hijab bagi Muslimah

    Sering kita mendengar tentang mengapa wanita muslim memakai penutup kepala atau hijab. hmmm pertanyaan yang terlontar spontan, mengapa demikian? karena aurat wanita pada keseluruhan tubuhnya kecuali muka atau wajah dan telapak tangan, sebagai seorang muslimah seyogianya memahami arti dan makna tentang kewajiban memakai jilbab, bukan hanya sekedar penutup kepala serta hiasan saja namun syariat ajaran yang telah disampaikan melalui Rasulullah SAW. Dalam al Quran telah dijelaskan dalam surah Al-Ahzab ayat 59: "Wahai Nabi, katakanlah kepada Isteri-Isteri, anak-anak perempuan, dan Isteri-isteri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Ini merupakan sebuah anugerah hidayah petunjuk dari Allah bagi Wanita, mengapa demikian? begitu cintanya Allah kepada makhluk yang cantik diberikan perhatian melalui firman-Nya agar dapat dipatuhi serta ditaati, bukan tiada maksud, namun memiliki tujuan yang jelas mengapa wanita harus memakai Hijab? 

1. Apakah Anda memiliki pakaian favorit? 

    Bagi kebanyakan orang, pilihan pakaian adalah bagian dari cara mereka mengekspresikan diri kepada dunia didalam kehidupan sehari hari.  Beberapa orang memakai kemeja yang mewakili band favorit mereka. Yang lain mengenakan topi atau jaket yang memiliki arti khusus bagi mereka ataupun pakaian-pakaian yang menjadi ciri khas dalam kehidupan diberbagai belahan dunia. Pakaian identik dengan ciri khas bagi pemakainya dimanapun ia berada.

2. Seringkali, Pilihan pakaian mencerminkan Budaya yang dimiliki orang. 

    Jika Anda tinggal di India atau Sri Lanka, Anda mungkin mengenakan sari. Di Jepang, Anda mungkin mengenakan kimono untuk acara-acara khusus. Orang Kristen sering memakai salib sebagai perhiasan. Jika Anda orang Yahudi dan laki-laki, Anda mungkin mengenakan kippah semacam topi tinggi. Hari Ini kita akan membahas sedikit tentang makna dan Arti jilbab atau hijab. bagian lain dari penutup yang dianjurkan agama.

Apa itu jilbab?

    Ini adalah jenis penutup yang dikenakan oleh banyak wanita Muslim. Paling sering, itu adalah syal atau selendang. Biasanya menutupi rambut, leher, dan bahu wanita. Jilbab sangat istimewa bagi banyak wanita Muslim. Ini mewakili Kepribadian privasi, dan moralitas.

Apakah semua wanita muslim memakai hijab atau jilbab? 

    Tidak. Namun, di beberapa tempat termasuk Iran dan Provinsi Aceh di Indonesia hijab diwajibkan untuk dipakai. Namun, di sebagian besar tempat, ini adalah masalah kebiasaan dan wanita memilih apakah akan mengenakan jilbab. Paling sering, wanita Muslim memutuskan apakah akan mengenakan jilbab atau tidak di masa remaja mereka.

Kapan sih jilbab diwajibkan? 

    Ini kembali ke sejarah Nabi Muhammad, nabi yang selalu memberikan kita pesan yang paling penting dalam kehidupan. Nabi Muhammad meminta istri-istrinya untuk memakai jilbab untuk membedakan mereka dari yang lain. Itu dimaksudkan untuk menunjukkan status khusus mereka bagi seorang wanita muslim. apalagi dalam al Quran telah disebutkan bahwa memakai jilbab itu wajib bagi wanita muslimah, dalam surah al Ahzab 59 disebutkan:

    Yang artinya: Hai Nabi, Katakanlah kepada Isteri-Isterimu, Anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka." Agar yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha penyayang.

3. Wanita muslimah memilih Berhijab karena berbagai alasan. 

    Beberapa melihatnya sebagai tanda peralihan ke masa dewasa sebagai wanita produktif. Yang lain mengenakan jilbab untuk mengidentifikasi diri mereka sebagai Muslim dan menunjukkan kebanggaan budaya. Banyak juga yang memakai penutup kepala untuk menghargai tradisi keluarga atau adat setempat. Tentu banyak wanita muslimah yang memilih untuk tidak mengenakan hijab juga. Yang lain memilih untuk hanya memakainya untuk acara-acara keagamaan saja. Dalam Islam wanita memakai hijab terlihat cantik dan mempunyai ciri khas tersendiri

4. Hijab sering disalah artikan oleh orang-orang di luar Islam. 

    Beberapa orang berpikir bahwa wanita Muslim dipaksa untuk memakainya. Yang lain bingung tentang arti jilbab dan menyerukan agar itu dilarang. Namun, karena semakin banyak orang belajar tentang jilbab dan tentang Islam, penerimaan dan pemahaman terus menyebar. Saat ini, banyak wanita di mata publik mengenakan jilbab. Kisah dalam kehidupan Salah satu contohnya adalah Malala Yousafzai, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2014. Dalam hiburan, Anda akan melihat artis terkenal Nadiya Hussain dan model Halima Aden juga mengenakan jilbab sebagai publik figur. Hijab atau jilbab bukan budaya tetapi anjuran dan kewajiban agar sebagai wanita muslim menjalankan agama nya dengan baik dan menjadi seorang yang dapat menjadikan kehidupan ini sebagai jalan untuk mendapat ridho Allah SWT.

    Demikianlah yang dapat kami sampaikan makna yang terkandung serta arti memakai hijab atau jilbab bukan karena alasan apapun tapi menjalankan perintah dari Allah SWT dengan ikhlas dan tulus karena kita diciptakan hanya untuk beribadah kepadanya dalam setiap kegiatan sehari-hari supaya kita mendapatkan ridho dari Allah SWT. 

1 komentar untuk "Makna dan Arti Memakai Hijab bagi Wanita Muslimah"