Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips selalu Produktif dan Positif bagi Wanita Muslimah


11 Tips selalu Produktif dan Positif bagi Wanita Muslimah
sumber: pexel.com

Produktif sebagai seorang Muslimah

    Ibn Qayyim al-Jawziyi membuat pernyataan yang mendalam: "Perempuan tampaknya mewakili separuh masyarakat dan separuh lainnya mewakili masyarakat secara keseluruhan." Jika hampir semua masyarakat adalah perempuan, bukankah seharusnya kita bekerja secara produktif dalam kehidupan ini untuk mempersiapkan kehidupan selanjutnya? Tapi kita tahu bahwa menjadi seorang Muslim di zaman kita sekarang ini bukanlah hal yang mudah! Nyatanya, menjadi ibu, istri, maupun wanita karir, dan lebih penting lagi bagi wanita muslimah masa kini menemukan jati dirinya saat berjuang menjadi wanita produktif. yang berkembang dari hari ke hari menjadi lebih baik secara positif

    Dalam artikel ini, kami percaya bahwa wanita Muslim adalah orang yang kuat bisa menjalankan syariat Islam dengan sebaik-baiknya. Karena mereka memulainya dengan niat yang tulus. Wanita muslimah produktif memiliki kebiasaan positif yang dapat meningkatkan tujuan hidup kita dan semangat untuk mencapai apa diinginkan. Terutama menjadi wanita penghuni Surga kelak dengan bekal didunia ini.

11 Tips selalu Produktif dan Positif bagi Wanita Muslimah
sumber: pexel.com

    Jadi bagaimana Anda menjadi  wanita yang produktif di zaman yang modern ini?" pertanyaan yang  akan kita jawab di sini. Muslimah yang produktif adalah  wanita yang menggunakan semua sumber daya yang ada di sekitarnya dalam misi  menjalani hidupnya secara maksimal, pada akhirnya bekerja untuk mencapai surga tertinggi di akhirat.  Tentunya Anda dapat mencapai hal-hal besar Insya Allah! 

    Pada artikel ini kami akan memberikan 11 Tips selalu Produktif dan Positif bagi Wanita Muslimah. dan kami akan melihat secara detail bagaimana langkah-langkah atau tips praktis dapat dipraktekkan terutama bagi wanita Muslim yang  kuat seperti Anda untuk menjalani kehidupan yang lebih produktif di zaman modern saat ini. Simak penjelasannya di bawah ini sampai habis.

 1. Memiliki niat yang Tulus

    Kami memiliki motto yang berbunyi: 'Niat tulus dan bekerja keras'.  Inilah motto hidup seorang muslimah yang produktif.  Dengan diawali dengan niat yang tulus dalam setiap tindakan kita, baik sebagai seorang profesional yang bekerja dimanapun dengan niat baik untuk membawa perubahan positif disekitarnya atau sebagai istri, pelajar, wanita karir maupun seorang ibu yang sibuk mengurus keluarga, kita dapat memperoleh pahala dan berkah dalam  tindakan kita karena kita tahu bahwa amal berawal dari niat jadi mulailah selalu dengan niat yang tulus! 

2. Jadilah Proaktif

    Salah satu pelajaran terbaik yang dipelajari dalam hidup adalah bahwa untuk menjadi seorang yang produktif, kita harus proaktif.  Ini tidak berarti untuk menjadi produktif Anda harus sibuk segala hal, namun pada kenyataannya, orang sibuk mungkin tidak produktif.  Sebaliknya, Anda harus memfokuskan kemampuan Anda untuk aktif di bidang apapun misalnya pendidikan, sosial, entertainment, desain baju muslimah dll dan yang paling penting yang akan membawa manfaat bagi tujuan hidup anda secara keseluruhan insya Allah.  Misalnya, salah satu cara saya sendiri  agar proaktif adalah dengan mengikuti kursus pengembangan pribadi dan spiritual keagamaan kemudian membagikannya kepada orang lain melalui menulis artikel atau menyampaikan ceramah. Proaktif merupakan salah satu ciri Muslimah yang sukses.

3. Carilah ilmu

    Sering dikatakan bahwa jika Anda 'mendidik seorang laki-laki Anda mendidik seorang individu saja, tetapi jika Anda mendidik seorang wanita anda mendidik sebuah bangsa' maka ini berarti bahwa pentingnya dalam mencari ilmu bagi seorang wanita muslimah untuk membangun bangsa dan peradaban didunia. Banyak sekali referensi ilmu pengetahuan yang dapat dijadikan panduan agar senantiasa positif baik sejarah, sosial, kisah-kisah Islami, modern, iptek, teknologi dan lain-lain karena ilmu adalah pintu dunia. Untuk menjadi Muslimah yang produktif, carilah kursus keahlian yang tersedia diorganisasi secara online maupun seminar offline atau kursus lokal yang akan membantu mengembangkan pengetahuan yang dimiliki.  Di era modern saat ini sangatlah mudah dalam segala hal, termasuk menambah ilmu misalnya mengakses buku di internet maupun di perpustakaan atau toko buku yang hampir semua topik ada serta dibutuhkan untuk mengembangkan pengetahuan disesuaikan dengan hobi minat kamu sebagai muslimah kemudian kamu juga dapat membagikannya kepada anak-anak, keluarga tercinta, saudara maupun komunitas yang anda ikuti dengan ilmu yang telah didapatkan.

4. Rencanakan waktu Anda secara efektif

    Salah satu rahasia menjadi produktif adalah Anda tidak membuang waktu!  Salah satu hal pertama yang harus dilakukan seorang Muslimah produktif adalah merencanakan waktunya secara efektif, ini termasuk menjadwalkan waktu untuk belajar, bekerja, berdoa, beribadah dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan jika memiliki anak, luangkan waktu untuk mereka dan diri Anda sendiri sehingga kamu tidak kelelahan. Pilihlah dengan bijak bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. Salah satu hadits mendalam tentang memanfaatkan waktu dengan baik dari salah seorang ulama besar, yakni Ibn Qayyim al-Jawziyyah menyatakan: 'Jika Allah menginginkan kebaikan bagi hamba-Nya, Dia membantunya dengan waktu dan menjadikan waktu sebagai penolong baginya.  '

5. Refleksi diri

    Sebagai Muslimah yang proaktif, terkadang sulit untuk menilai seberapa efektif dalam menggunakan waktu dan mampu memenuhi semua peran sebagai wanita muslimah.  Dengan mengingat hal ini, disarankan agar secara teratur meluangkan waktu untuk refleksi diri, mungkin di akhir pekan dengan membuat catatan sebagai perenungan agar lebih baik dari hari ke hari lalu kritis juga tentang bagaimana dapat menggunakan waktu dengan lebih baik untuk hari berikutnya.  Hanya dengan refleksi diri yang berkelanjutan, kita dapat tumbuh, berkembang, dan menjadi lebih produktif insya Allah.

 6. Fokus pada Kualitas daripada Kuantitas

    Ada sebuah hadits yang sering mengingatkan bahwa sebagai Muslim kita harus berusaha untuk menyempurnakan tugas atau proyek apa pun yang kita mulai;  Rasulullah SAW bersabda: 'Allah menyukai  ketika kamu melakukan sesuatu, kamu melakukannya dengan sempurna.' [Muslim]. Sebagai seorang Muslimah memulai aktivitas apa pun, selalu ingatkan diri sendiri bahwa  yang dilakukan harus berkualitas.  Lebih baik unggul dalam satu bidang apapun yang kamu sukai, misalnya seperti menulis atau menjadi ibu yang baik, daripada melakukan pekerjaan biasa-biasa saja namun terlalu fokus pada banyak hal.  Seorang Muslimah yang produktif selalu berusaha untuk unggul dalam apa yang dia lakukan dan tidak puas dengan yang biasa-biasa saja.

 7. Lakukan yang terbaik!

    Banyak kisah inspiratif muslimah pada zaman nabi yang menunjukkan bahwa bekerja keras untuk menjadi yang terbaik dalam peran mereka, seperti Khadijah RA (semoga Allah meridhoinya) merupakan seorang wanita bisnis yang sukses.  Sebagai seorang istri atau ibu, Anda mungkin fokus untuk mendukung suami anda, dalam tindakan kecil itu saja bisa menjadi salah satu cara menjadi istri yang produktif.  Memberikan yang terbaik kepada suami.

 8. Jadilah Seorang yang mempunyai banyak Ide

    Hidup di era informasi dan teknologi sekarang ini, kita adalah generasi yang telah dilengkapi dengan banyak alat teknologi yang berguna, seperti buku-buku pengetahuan, serta media sosial yang dapat kita menggunakannya untuk lebih produktif dan sistematis dalam hidup kita.  Kamu dapat menggunakan aplikasi online untuk membantu mengatur waktu mengembangkan pengetahuan dan mempelajari banyak hal serta keterampilan baru secara online maupun kursus yang akan membuat anda lebih banyak Ide.  Gunakan banyak sumber daya yang telah ada ini untuk menjalani kehidupan yang lebih produktif.

 9. Berusahalah untuk memberi manfaat bagi orang lain

    Banyak Muslimah produktif dari sejarah hingga modern telah mencapai hal-hal besar karena pemahaman mereka tentang hadits yang indah ini di mana Nabi SAW mengatakan: 'Sebaik-baik kalian adalah mereka yang  bermanfaat bagi umat manusia'.  [Bukhari] . Selalu tanyakan pada diri anda pertanyaan ini: 'apakah tindakan saya akan bermanfaat bagi orang lain?' Ini akan membantu memutuskan tindakan apa yang bermanfaat dan membantu menyiapkan inisiatif sebagai ibu, istri, pekerja atau pelajar untuk membawa manfaat bagi orang-orang di sekitar yang juga akan menguntungkan diri anda sendiri.

10. Target yang jelas

    Impian kamu bisa diwujudkan dengan cara menjadi seorang yang produktif. Tujuan yang dikehendaki akan tercapai jika kita memiliki target yang jelas, selalu ingin tahu apa yang ingin dicapai merupakan ciri dari orang yang produktif. Jadi milikilah target yang jelas.

 11. Percayakan dirimu kepada Allah

    Akhirnya, Muslimah yang produktif, tidak terlepas dari usahanya, harus selalu sadar bahwa keberhasilan dalam mencapai tujuannya hanya akan datang dari Allah yang berfirman dalam Al-Qur'an: "Bertawakallah kepada Allah jika Anda benar-benar beriman."  [Qur’an: Surat 5, Ayat 23] Fokus pada produktivitas spiritual ini adalah bahan rahasia untuk menjadi sukses.  Sebagai seorang Muslimah, harus bekerja keras, berdoa berkontribusi pada masyarakat dan merencanakan waktu Anda secara efektif di sekitar kemudian menempatkan kepercayaan hanya kepada Allah dengan selalu berdoa kepada-Nya agar membantu mencapai kesuksesan akhir dalam hidup Didunia ini dan akhirat.

    Itulah 11 tips yang dapat kami sampaikan agar menjadi Muslimah istimewa yang produktif karena wanita sangat luar biasa dan menjadikan dunia berwarna. Tetap semangat dan selalu beribadah karena Allah dengan ikhlas dan tulus. Semoga bermanfaat yaa. Terima Kasih.

Posting Komentar untuk "11 Tips selalu Produktif dan Positif bagi Wanita Muslimah"