Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desainer Fashion Muslim Irna Mutiara yang Fenomenal

Desainer Fashion Muslim Irna Mutiara
Desainer Fashion Muslim Irna Mutiara

Profil Irna Mutiara Desainer Fashion Muslim

    Irna Mutiara (lahir di Bandung, 24 Januari 1970; umur (51 tahun) adalah salah seorang pelopor busana Muslim di Indonesia. Ia belajar mengenai tata busana di IKIP (saat ini UPI), Bandung (1990). Setelah itu ia bekerja sebagai desainer fashion di beberapa perusahaan garment. Ia mulai membangun bisnisnya sendiri dengan spesialisasi Busana Muslim pada tahun 1996. Ia merupakan salah satu pendiri Trimoda Uptodate Group , dan merilis brand pertamanya pada tahun 2006: "Up2date", yang merupakan salah satu brand pelopor di Indonesia untuk perempuan muslim yang mengutamakan kepraktisan namun tetap stylish. Irna Mutiara merupaka salah satu Perancang Desainer Fashion Muslim yang Mendunia, seperti Dian Pelangi, Nanida Jenahara Nasution, Ria Miranda, dll. Beliau termasuk senior pada bidang Fashion muslim di Indonesia hingga saat ini.

Karir Irna Mutiara pada Bidang Fashion Muslim

    Pada tahun 2007, ia merilis Irna La Perle, brand busana pengantin Muslim dan pakaian pesta yang memiliki gaya internasional klasik dan elegan. Pakaian pengantin muslim rancangannya ini telah banyak dipakai oleh selebriti Indonesia pengguna busana Muslim yang hendak menikah, diantaranya Oki Setiana Dewi dan Meyda Sefira. Pada bulan September 2014, Irna La Perle menyelenggarakan fashion show tunggal pertamanya, Luminescence, di Hotel Grand Mahakam.

Desainer Fashion Muslim Irna Mutiara yang Fenomenal
Desainer Fashion Muslim Irna Mutiara

Industri Pengrajin Lokal

    Irna Mutiara juga bersemangat untuk bekerjasama dengan industri pengrajin lokal, sebagaimana dapat ditemukan dalam koleksinya. Misalnya, ia menerapkan teknik sulam tangan Sumatera Barat dan Tasikmalaya dalam desain pakain pengantin Irna La Perle. Ia pernah diundang oleh Komunitas Muslim Paris untuk melakukan fashion show pada acara The International Fair of the Muslim World di Le Bourget Exhibition Center pada tahun 2011. Selain itu, ia juga berpartisipasi pada beberapa fashion week seperti Hongkong Fashion Week (2007 dan 2010) dan Arabia Fashion Week (2008 dan 2010). Ia juga merupakan anggota APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Muda Indonesia). Bersama dengan beberapa rekan sesama desainer Busana Muslim, pada tahun 2011 ia mendirikan Hijabers Mom Community (HmC), sebuah organisasi untuk memberdayakan perempuan Muslim di Indonesia. Ia juga memiliki cita-cita untuk membuat Indonesia menjadi Pusat Fashion Muslim Dunia.

Desainer Fashion Muslim Irna Mutiara yang Fenomenal
Desainer fashion Muslim Irna Mutiara

Visi Irna Mutiara dalam Dunia Busana Muslim

    Kini, jangan pandang busana muslim dengan sebelah mata! Jika Anda melihat kembali koleksi busana muslim di Jakarta Fashion Week tahun-tahun sebelumnya, Anda pasti terpesona. Tidak ada lagi kata monoton! Perkembangan dunia fashion wanita muslim di Indonesia ini tak lepas dari peran para desainernya. Salah satunya, Irna Mutiara.

    Irna Mutiara adalah desainer yang menjadi pelopor busana muslim berbahan kaus. Dari tangannya, telah lahir label Up2Date untuk busana kasual sehari-hari, Up&Go untuk busana olahraga, UpSize untuk wanita dengan ukuran besar, dan Up2U untuk busana anak. Produk eksklusifnya, Irna LaPerle, bahkan mendapat sambutan lebih banyak dari masyarakat internasional yang mengakses lewat website.

    Berangkat dari produk ready-to-wear, desainer yang mengidolakan Elie Saab ini memiliki sudut pandang berbeda untuk mengembangkan dunia fashion busana muslim di Indonesia. “Mengubah stigma busana muslim di Indonesia yang kuno dan berlindung di balik kaidah, bukan hal mudah. Namun, Indonesia punya segudang katalisator yang menjadikannya sangat potensial untuk didaulat sebagai kiblat busana muslim dunia. Penduduk muslim dengan jumlah terbesar di dunia, pemerintah yang cukup fleksibel dan tidak ortodoks, kebudayaan Indonesia yang masih bisa dieksplorasi, membuat kreativitas para perancang busana muslim berkembang pesat,” ujar Irna. Visi Irna untuk 10 tahun ke depan pun cukup realistis dan terarah. Desainer yang garis desainnya chic, simpel, dan elegan ini tak ingin berperan sebagai produsen saja. Ia bermimpi, suatu saat dapat mendirikan lembaga yang dapat mewadahi para perancang busana muslim, lengkap dengan program pelatihan yang terarah dan tepat sasaran, sinergi yang optimal dengan pemerintah dan memiliki target yang bisa diukur.

Sumber: 
http://www.jakartafashionweek.co.id/id/content/news/visi.irna.mutiara/001/002/244
http://id.wikipedia.org/wiki/Irna_Mutiara
http://www.mauorder.com/10-perancang-hijab-fashion-indonesia/

Posting Komentar untuk "Desainer Fashion Muslim Irna Mutiara yang Fenomenal"