Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Senyummu Mengubah Dunia

Senyummu Mengubah Dunia
pic source: pexel.com

Senyum merupakan Ibadah sebuah bukti ketaatan seorang Muslim

    Maha Suci Allah yang telah memberikan nikmat dan kehidupan kita sehari-hari di Dunia ini nikmat yang banyak tiada terhingga dan menjadikan kita sebagai orang Islam. Tidak semua orang memperoleh hidayah seperti yang kita dapatkan. Islam mengajarkan kita dengan syariat tentang berbuat kebaikan kepada orang lain. Bahkan Rasulullah SAW telah mengajarkan kita untuk berbuat baik walaupun hanya hal kecil seperti senyuman, ya, senyum merupakan suatu hal yang lumrah dan dikeseharian kita secara tidak sadar melakukan hal tersebut kepada siapapun ketika melakukan aktivitas apapun. Bila kita pikir senyuman hanyalah hal yang remeh dibandingkan kita memberi sesuatu kepada orang lain. Namun ternyata Islam sangat menganjurkannya untuk senantiasa tersenyum, karena dengan senyum yang kita berikan terkadang bisa membuat orang lain bahagia walau bukan hadiah berbentuk materi tapi hal kecil ini dapat membuat hati merasa nyaman dan bahagia, dengan tersenyum orang yang melihat  kita akan menjadi ramah. Dengan terseyum orang yang melihat kita akan merasa tersanjung bahagia dan dihormati. Dengan senyuman kepada orang miskin, kita akan membuat mereka merasa bahagia yang menandakan bahwa semua orang masih bersimpati kepadanya merasa dihargai dengan senyuman yang anda berikan. 


Senyummu Mengubah Dunia
pic source: pexel.com

    Sebenarnya banyak hal dalam situasi dan kondisi yang sangat dianjurkan untuk tersenyum. Tetapi bukan karena paksaan maupun tuntutan seperti senyuman dari bawahan ke atasan. Senyum disini adalah senyum tanpa paksaan apapun tanpa pamrih, ikhlas melakukannya tanpa ada unsur yang menemaninya baik bawahan kepada atasan atau sesama teman, kerabat, keluarga bahkan kepada pasangan ataupun kepada orang yang belum  kita kenal. Sehingga orang yang merasakan senyum kita pun akan merasa baik-baik saja dan tidak terbebani apapun bukan senyum sandiwara.


Senyummu Mengubah Dunia
pic source: pexel.com

1. Senyumlah karena senyum adalah Ibadah

    Senyum adalah sesuatu hal yang sederhana yang bernilai pahala dan ibadah disisi Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: "Senyummu diwajah saudaramu adalah shadaqah" Mashaa Allah hal sekecil itupun merupakan sesuatu hal yang terpuji dan Allah pasti akan membalasnya walaupun hanya senyuman kecil yang kita berikan kepada orang lain dengan hati yang ikhlas dan tulus. Senyum termasuk perbuatan terpuji. Sebab dengan senyum kita bisa membuat seluruh dunia menjadi indah. Tetapi, kita juga harus hati-hati  jangan sembarangan tersenyum. karena dapat disalah artikan atau memang senyum tersebut disalahgunakan, yaitu untuk memikat lawan jenis. hal semacam inilah yang yang perlu waspadai oleh kita semua. Hingga saat ini belum ada pemilahan senyum apakah antara senyum mana yang ikhlas dan senyum dengan adanya maksud tertentu? itu semua tergantung bagaimana niat pemilik senyum tersebut.

Senyummu Mengubah Dunia
pic source: pexel.com

2. Senyumlah tanpa pamrih

    Demikian juga tebar pesona disembarang tempat dengan senyuman. Hal itu bisa membuat sia-sia apalagi kalau senyum-senyum sendiri tanpa sebab. bisa-bisa dibilang orang stress atau depresi. Pada dasarnya senyum merupakan salah satu tabiat  manusia yang mempunyai maksud yang menyiratkan tujuan tertentu. Secara alamiah, bila seorang tersenyum dapat dipastikan bahwa ia sedang merasakan sesuatu yang menggembirakan. Jarang sekali seseorang bisa tersenyum ketika ia sedang bersedih. hanya orang qanaah saja, pandai bersyukur dan sabar yang bisa tersenyum saat dilanda kesedihan lalu jika ada orang yang kurang berkenan dihati kita jadilah pemaaf dan hiasilah dengan senyuman maka hal tersebut akan dapat menjadikan kita seorang yang pandai bersyukur


Senyummu Mengubah Dunia
pic source: pexel.com

3. Tersenyumlah dalam setiap keadaan

    Dengan tersenyum, keadaan akan lebih baik dari sebelum nya. Misalnya, saat kita sedang marah, kemudian melihat orang tersenyum pada kita yang sebelumnya cemberut, insya Allah amarah kita akan berkurang. Apalagi, jika senyuman itu dibarengi dengan mengucapkan shalawat kepada Rasulullah Saw. Selain itu, banyak manfaat yang dapat kita lakukan dengan tersenyum. Misalnya, menghibur teman atau sahabat ketika sedang sakit, berduka, ataupun sedang menghadapi masalah. Dengan senyum yang diberikan, kita juga akan terlihat manis, menawan, dan tampan atau cantik. Apa pun keadaan kita, tampilkanlah senyum kepada orang lain, sehingga mereka akan gembira dan akan membalas dengan senyum. Sebuah penelitian juga menjelaskan bahwa senyum adalah olah raga yang menyehatkan. Tak kurang sekitar 17 otot yang digerakkan dalam wajah kita saat tersenyum, sehingga hal itu membuat kita sehat dan awet muda. Bandingkan dengan cemberut yang justru menyebabkan banyak kondisi tubuh semakin sakit. Selain itu, senyuman juga akan mempengaruhi keadaan lain yang bisa menuai masalah dan permusuhan, bahkan bisa jadi kita tidak punya teman bila selalu cemberut. Karena itu, tunggu apa lagi, sudah jelas manfaat senyum dan cemberut baik menurut agama, kesehatan, maupun dampaknya Secara sosial. Tebarkanlah sunnah Rasulullah ini kepada setiap wang yang kita sayang ataupun orang lain dengan sebuan Senyuman yang tulus. Demikianlah renungan kali ini untuk diri kita. Jadi tetaplah tersenyum dan jangan lupa bahagia karena senyummu mengubah dunia.

Posting Komentar untuk "Senyummu Mengubah Dunia"