Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yusuf As yang Dipenjarakan oleh Zulaikha

Yusuf As yang Dipenjarakan

    Ketika sampai berita tentang celaan dari para wanita pembesar dan istri-istri para menteri terhadap Zulaikha, maka ia mengundang mereka dan menyediakan tempat duduk bagi mereka. Mereka pun menghadirinya, lalu diberikanlah kepada mereka semacam buah limau. Setiap orang diberi sebilah pisau untuk membelah buah tersebut. Sedangkan Yusuf As. telah ditempatkan di ruangan lainnya. Kemudian, Zulaikha berkata kepada Yusuf As., Keluarlah (tampakkanlah dirimu) kepada mereka.

    Yusuf As. pun keluar. Ketika perempuan-perempuan itu melihatnya, mereka terpesona kepada (ketampanan)nya, dan mengagungkannya, serta mereka (tanpa sadar) melukai tangannya sendiri dengan pisau itu. Kata mereka, Maha Sempurna Allah, ini bukanlah manusia, ini benar-benar malaikat yang mulia.

    Pada saat mereka menyadari apa yang mereka lakukan terhadap tangan-tangan mereka, hilanglah pikiran mereka. Mereka menyadari kesalahan-kesalahan diri mereka dengan celaan yang telah mereka katakan. Zulaikha merasa tentram atas dirinya, lalu ia berkata, ltulah orang yang menyebabkan kalian mencela aku karena aku (tertarik) kepadanya, dan sesungguhnya aku telah menggoda dia untuk menundukkan dirinya (kepadaku) akan tetapi dia menolak.

    Dan sesungguhnya jika dia tidak mentaati apa yang aku perintahkan kepadanya, niscaya dia akan dipenjarakan dan dia akan termasuk golongan orang-orang yang hina. Maka Yusuf As. memilih untuk dipenjara daripada bermaksiat kepada Allah Swt. la berkata, wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dariku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.

Yusuf As yang Dipenjarakan oleh Zulaikha
Ilustrasi

    Maka Tuhannya memperkenankan doa Yusuf As dan Dia menghindarkan Yusuf dan tipu daya mereka, Kemudian timbullah pikiran bagi Aziz untuk meredam peristiwa memalukan itu setelah sebelumnya  ia melihat bukti-bukti kebenaran Yusuf As, mulai dari baju gamis, tercoreng mukanya, dan perempuan perempuan yang melukai tangan mereka sendiri. la pun memenjarakan Yusuf As. selama tujuh tahun. Jika dilihat dari kisah Al-Qur'an, zahirnya menunjukkan bahwa yang memenjarakan Nabi Yusuf As. bukanlah Aziz, tapi Zulaikha. Hal itu terbukti dengan: Pertama, Nabi Yusuf As. lebih memilih penjara daripada tunduk terhadap keinginan Zulaikha; kedua, Aziz tidak tahu kalau dalam penjara ada Nabi Yusuf As. ketika dia ingin mencari orang yang bisa menafsirkan mimpinya. Bahkan yang memberitahu keberadaan Nabi Yusuf As. dalam penjara adalah mantan rekan sepenjaranya. (lbnul Asir Al-Jazari, Al-Kamil fit Tarikhi, Jilid 1: 108-109). 

Hikmah dan Pelajaran

    Tujuan Zulaikha memenjarakan Yusuf As. dalam jangka waktu yang cukup lama, adalah untuk meredam pergunjingan orang-orang terhadap mereka setelah peristiwa yang memalukan itu. Juga untuk menjaga kehormatan Zulaikha agar yang ada dalam pikiran mereka Yusuf As. lah yang menggoda Zulaikha. Namun, hal ini juga merupakan ketetapan Allah Swt. bagi Yusuf As. (sebagai jawaban atas doanya sendiri) serta sejumlah pemeliharaan dan penjagaan-Nya bagi Yusuf As. Karena dengan dipenjara, beliau terhindar dari ketertarikan dan godaan pala wanita kerajaan. (Abu'l Fida Al-Qurasy Qisasul Anbiyā, 1417 H/1977 M: 308).

Posting Komentar untuk "Yusuf As yang Dipenjarakan oleh Zulaikha"